-->

Cara Mudah Menghitung Nomer Resistansi Pada Resistor

Advertisemen

Bagaimana Cara Menghitung Nomer Resistansi Pada Resistor

Selamat pagi sobaa saya disini akan berbagi sedikit ilmu penting dalam dunia elektronik, banyak komponen yang terkadang kita tidak tahu dan komponen komponen ini sangat penting dalam proses kinerja dari suatu alat elektronik,Nah kini saatnya sobat tahu nih, untuk menjadi seorang teknisi itu gampang gampang susah sih, kita harus menghafal dan juga harus tahu jenis jenis dari komponen komponennya, dan kita harus memahami cara kerja komponen dari suatu alat yang masih berbau elektronik, misalnya nih yha sob : tv, radio, handphone. Nah di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian resistor ,cara mengukur resistor dan semua yang berkaitan dengan resistor, tapi tidak dengan cara buatnya yha sobat.

Resistor 

Resistor adalah komponen penyusun dari sebuah alat elektronik yang fungsinya adalah menahan arus listrik yang masuk, kemampuan dari resistor dalam menahan arus listrik sangatlah beragam tergantung dari resistansi dari resistor tersebut,  Resistor bersifat resistif dan umumnya terbuat dari bahan karbon. Satuan resistansi dari suatu resistor disebut Ohm atau dilambangkan dengan simbol Ω (Omega). Bentuk resistor yang umum adalah seperti tabung dengan dua kaki di kiri dan kanan. Pada badannya terdapat lingkaran membentuk cincin kode warna, Jika sobat ingin mengetahui besar resistansi tanpa mengukur besarnya dengan Ohmmeter. Kode warna merupakan cara yang sangat tepat untuk menentukan nomor resistansi tersebut dan warna itu adalah standar manufaktur yang dikeluarkan oleh EIA (Electronic Industries Association), didalam rangkaian elektronika resistor dilambangkan dengan angka " R "Ada beberapa jenis resistor yang ada dipasaran antara lain : Resistor Carbon, Wirewound, dan Metal Film. Ada juga Resistor yang dapat diubah-ubah nilai resistansinya antara lain : Potensiometer dan Trimpot. Selain itu ada juga Resistor yang nilai resistansinya berubah bila terkena cahaya namanya LDR ( Light Dependent Resistor ) dan Resistor yang nilai resistansinya berubah tergantung dari suhu disekitarnya namanya NTC (Negative Thermal Resistance).
dari perkembangan resistor ,resistor terbagi menjadi beberapa bagian tergantung dari 
fungsinya


Dari penjelasan di atas inilah yang di maksud dari resistor
ini adalah resitor versi lama yah gan

seiring majunya jaman dan kini hadir resitor yang di sebut dengan metal film
sekarang sudah jaman canggih dan semua komponen elektronik semakin micro ,dan resistor tidak perlu di hitung dengan melihat warna warnanya sekarang sudah ada nomornya tersendiri ini adalah resistor versi terbaru untuk jaman sekarang dan ini biasanya di pakai oleh alat elektronik seperti handphone, komputer dll
Sampai di sini saya yha sobat penjelasan dari saya, jika ada yang masih belum di mengerti tentang resistor silahkan saja di coment di bawah ini. 
Advertisemen