-->

Cara Mengukur Transistor Dengan Benar

Advertisemen
Cara Mengukur Transistor Dengan  Benar


Bagaimana Cara Mengukur Transistor Dengan  Benar

TRANSISTOR adalah salah satu dari komponen alat elektronik yang tergolong penting karna transistor berfungsi sebagai stabilitas, pengatur keluar masuknya arus listrik, penguat dari power amplifer bermacam macam transistor serta fungsinya, sesuai dengan angka yang ada pada transistor. 

Mospec

Hampir di setiap jenis transistor diproduksi dalam bentuk semikonduktor, sering kali berupa material kristal tunggal, biasanya berbahan dari silikon. Ada beberapa jenis transistor yang sudah diklasifikasikan berdasarkan arus inputnya (BJT) dan tegangan inputnya (FET), keduanya memungkinkan pengaliran listrik menjadi sangat akurat dari sirkuit sumber listriknya. Pada umumnya, transistor memiliki dua macam, yaitu transistor bipolar (dikenal dengan singkatan BJT) dan field effect (dikenal dengan singkatan FET) dimana masing-masing jenis ini bekerja secara berbeda-beda.

Transistor Biopolar 

Bipolar Transistor merupakan transistor yang memiliki dua macam muatan megalirkan arus listrik, yaitu elektron dan lubang Makanya disebut bipolar. Dalam transistor jenis ini, arus listrik utama harus melewati satu daerah/lapisan pembatas yang dinamakan zona depletion, dan ketebalan lapisan ini dapat diatur dengan kecepatan tinggi dengan tujuan untuk mengatur aliran arus utama tersebut. Transistor bipolar memiliki kategori tambahan yaitu homojunction untuk satu jenis semikonduktor (semua silikon), dan heterojunction yang memiliki lebih dari satu jenis semikonduktor (terutama silikon dan silicon-germanium, Si/Si1-xGex/Si). Saat ini homojunction silikon, biasanya disebut BJT, BJT adalah jenis silikon yang paling umum digunakan. Namun, kinerja tertinggi (frekuensi dan kecepatan) adalah hasil dari transistor bipolar hetero (HBT).

Pengertian Field Effect Transistor

Field Effect Transistor : merupakan transistor jenis kedua yang disebut juga transistor unipolar. Transistor jenis ini hanya menggunakan satu pembawa muatan yaitu elektron saja atau lubang saja tergantung dari tipe FET-nya. Dalam FET, arus listrik utama mengalir dalam satu saluran konduksi sempit dengan zona depletion di kedua sisinya. Bandingkan dengan transistor bipolar dimana daerah basis memotong arah arus listrik utama. Dan ketebalan dari daerah perbatasan ini dapat diubah dengan perubahan tegangan yang diberikan, untuk mengubah ketebalan saluran konduksi tersebut.

umumnya transistor di gunakan di sound 


Transistor jenis ini merupakan transistor yang biasa saya sebut dengan thosiba mospec nomor transistor ini adalah SC5200 dan SA1943 , transistor ini terdiri dari 2 yaitu SC5200 Ini berperan sebagai (+) dan SA1943 ini berperan sebagai (-) , transistor ini sangat kuat dan tahan samapai di tegangan 120 volt DC. tapi dengan catatan transistor ini original (asli), dan transistor ini memiliki karakter middle yang sangat lantang sehingga banyak sekali para pecinta sound surabaya yang memakai transistor ini . 


seiring berjalannya waktu trasistor menjadi lebih micro lagi 



Sekian dari saya penjelasan tentang transistor , semoga bermanfaat 


Advertisemen